Wednesday 13 April 2016

membuat hiasan akrilik

Salam Remote semuanya.....
kali ini saya akan mengulas tentang akrilik, tahukah anda apa akrilik itu?
Polimetil metakrilat (Polymethyl methacrylate) atau poli (metil 2-metilpropenoat) adalah polimer sintetis dari metil metakrilat. Bahan yang bersifat thermoplastis (mencair bila dipanasi) dan transparan ini dijual dengan merek dagang PlexiglasVitroflexPerspexLimacrylAcryliteAcrylplastAltuglas, dan Lucite serta pada umumnya disebut dengan 'kaca akrilik' atau sekadar 'akrilik'. Bahan ini dikembangkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dan dibawa ke pasaran oleh Rohm and Haas Company pada tahun 1933. sumber : wikipedia.
Lepas dari itu pernahkah anda melihat plakat seperti di bawah ini?
Plakat akrilik 2Dimensi
atau bahkan seperti di bawah ini?

Plakat akrilik nyala entahlah kalian sebut apa ini namanya...

3Dimensi view akrilik.

Mantap yah.... terkadang ada yang bertanya gimana caranya gambar detail di sebuah media kaca maupun akrilik..... Ya, kali ini kita akan belajar menggambar di media - media tersebut, untuk menggambar di akrilik dapat menggunakan teknik laser maupun menggores permukaan menggunakan gerinda ukir (engraver kit) yang berukuran sesuai ukuran gambar yang akan dihasilkan, namun untuk media kaca kita harus menggunakan gerinda, karena laser tidak dapat memotong benda terlalu keras seperti kaca, kecuali laser nya IRON MAN.... Lah!!!! Admin mulai gila nih..... Oke back to PC, kalo tukul kan Back to Laptop admin anti mainstream bro....
Jangan takut harga yang perlu sobat keluarkan..... belilah sesuai kebutuhan saja.....
Yuk mulai bahas alat dan bahan nya....
1. Engraver pen, saya mah masih pemula beli yang murahan aja dulu..... Rp. 17.500,- 1 mata gerinda ukir di jakartanotebook nih link nya biar bisa langsung pesan.... harga segitu gan mantep buat ukir kaca dan logam pun kuat...... engrave tool at jaknot siapa yang ndak mau?

gini nih penampakannya
Mudah digunakan dan hanya menggunakan 2 baterai AA

2. Skema gambar yang akan dilukiskan. saya ambil dari mbah google ajah....
Hasilnya saya beri perbedaan dengan gambar ini ligat perbedaannya nanti di akhir yah....

3. Akrilik/kaca bekas/baru terserah yang penting permukaan masih mulus tanpa ada goresan....

4. Led Strip (Opsional mau pake apa nggak terserah agan aja) harga per meter 15ribu dengan 24-30 titik, atau bikin dari led biasa harga 500 per biji, gak pake pun gapapa.)

5. Triplek/multiplek/kayu bekas/akrilik juga boleh kalo ada sisa.

6. Pemotong akrilik, bisa cutter, gergaji triplek, atau gergaji besi (opsional, terkadang akrilik bekas ukuran cenderung kecil/beli baru bisa beli per cm2, saya pake bekas sisa casing CPU ane yang gagal bikin.... wkwkwkwk....beli 1 lembar 2x1meter 250rb-500rb tergantung ketebalan di kinclonx semarang. Jadi meskipun gagal bikin masih ada sisa buat bikin casing CPU lagi.) "Om duitmu kok turah - turah to?" Tanya ponakan ku, "Hobi otak atik le..... daripada dolan2 ora nggenah" sahutku (om uangmu kok banyak banget, hobi otak atik dek..... daripada main2 gak jelas) begitulah artinya.

7. lem kertas/isolasi bening, jangan lakban, karena akan membekas dan susah dibersihkan nantinya.

8. lampu senter/lampu putih, kita gunakan teknik ngeblat/jiplak/nyontek/nyonto/apalah itu...... wkwkwkwk..... maklum admin masih amatiran dalam hal gambar di permukaan beginian.

Next, mulai dari Nol ya pak..... Nah lo.... Mulai lagi gila mas nya..... Yuk lah Libas aja.... Usahakan bekerja di ruang yang lumayan gelap, agar hasilnya bisa langsung terlihat di atas cahaya senter/lampu.

1. Siapkan gambar yang sudah di print (untuk pemula) karena saya seorang pemula jadi ya ngeprint aja lah daripada hasil gak maksimal. Jangan lupa Pakai masker karena debu yang dihasilkan berbahaya.
2. potong akrilik sesuai ukuran gambar, di sini berhubung gambar ukuran 6cm ya saya potong ukuran 6 cm an.
3. tempel gambar di belakang akrilik menggunakan isolasi/lem kertas yang ilang kalau dibasuh air, tips agar nanti hasil goresan gambar terlihat rata adalah di balik/ di mirror agar gambarnya nanti sesuai gambar awal, karena kita tidak akan menampilkan goresan di depan mata.
4. Kita mulai menggores sesuai pola gambarnya, tips nya adalah kedalaman untuk 2 dimensi diusahakan sama, beda kedalaman goresan akan memperlihatkan beda nya warna goresan yang akan terlihat, semakin dalam maka gambat akan semakin jelas, begitu pula sebaliknya, menggores pun perlahan dan hati hati....
5. Selesai gambar jadi, next kita lepas gambar pola dan basuh dengan air hingga akrilik/kaca menjadi bening kembali. selesai deh, kalau mau ditambah efek cahaya boleh, tapi buat sendiri sesuai keinginan yah....
6. bikin kotak untuk tempat led kita, lubangi sepanjang akrilik kita tadi, masukkan led di dalamnya, lalu kita nyalakan led tersebut, kita tempel hasil gambar kita tadi dan fualla....jadi deh.....


Lihat beda di telinganya karena saya bersin jadi kelewat ah sial banget ane..... Kelupaan pake masker gini lah jadinya.... 
Foto yang ini ane foto gak nyentuh kertas di baliknya jadi bayang deh, lumayan juga kayaknya kalo ane bisa bikin berbayang gini ya? besok cari tekniknya lah...

Oh ya Karena sambil ngantuk telinga satunya kecil gak tergores, tapi udah baguslah menurut adek ane, sampe minta dibikinin buat pacarnya.... Jadi kesimpulan adalah jangan ngerjain pas ngantuk dan sediakan kopi,cemilan/coklat panas untuk menemani, takutnya ntar gak tato akriliknya malah tato diri sendiri, hahahaha....... Admin ambil resiko nih ye? hahaha untungnya gak tato diri sendiri...hehehehehe, oh ya alat engrave ini jangan digunakan buat tato ya, karena tidak steril, dan jangan perlihatkan ke anak usia di bawah 17tahun, takutnya kalo ndak ngerti apa2 kena tangan, coba bayangin aja ane coba pertama di botol minuman aja yang tebel begini bisa tergores....

Karena pake kacamata aku sering dipanggil Nobi jadi ya aku coba gores di situ dan sim salabim....

Kembali ke gambar yang atasnya botol Itu dia hasilnya saya kerjakan berbeda dari gambar pola awal ngerjain semalem cukup 1/2 jam dari jam 12 malem sampe jam 12.30 sambil nungguin acara sepakbola Madrid semalem.... Karena ukuran kecil dan gambar gak ribet jadi ya cepet ngerjainnya, bagi para pengukir mungkin saya lama mengerjakan ini....hahaha....maklumin saya lah pak master..... Lumayan lah buat pemula, bisa dibuat kegiatan di sela2 jam kerja/bersantai sambil ngerjain beginian juga asyik kok.....
Oke selesai sudah perjumpaan kita kali ini..... Kita bisa bertambah kreatif di blog ini dengan berbagai kegiata yang saya lakukan, anggap saya Saya Admin adalah manusia percobaan, hahaha.....tapi semua yang saya lakukan adalah untuk mengisi waktu luang, kemarin ada yang tanya lewat sms cewek dia nya, tanya "Mas banyak banget kegiatan di luar kerjaan, tapi mas ndak ada kegiatan dengan pacar kayaknya ya?" "Langsung detak jantung serasa berhenti." gimana enggak kegiatan yang selama ini ane lakuin bukan untuk bermain2 aja, sebenarnya untuk mengisi waktu luang dan kekosongan di hati ini, jadi kesimpulannya ane masih sendirian belom ada cewek yang punya, lah Admin makin gila dan ngelindur di luar batas Forum ini dan malah curhat....... wakakakaka.... maaf ya kawan2 yaudah kita sudahi aja ya, buat kawan2 cewek yang mau tanya2 soal pribadi boleh, buat cowok2 gak usah tanya soal pribadi ya?yang jelas ane masih normal, hehehehe...... tapi buat semua orang baik cowok/cewek selama pertanyaan menyangkut hobi, maupun kreatifitas, boleh lah request apa yang pengen diulas di postingan berikutnya, dijamin fast respon.... menerima hibah pemikiran dan saran dari semua kalangan, baik master, maupun yang newbie, karena saya newbie jadi ya kita semua sama sama belajar. hubungi : Annas akbar 089668295195 atau 081225660331 fast respon
Oke selesai sudah..... Tunggu postingan berikutnya yah kawan kawan.....

*Selamat Mencoba*
!!!Salam Remote!!!

No comments:

Post a Comment