Friday 8 April 2016

Syma X5SW

Pagi semuanya......
!!!SALAM REMOTE!!!

Kali ini saya akan review tentang drone merk SYMA X5SW yang kemarin selasa baru sampai Semarang, maklum onliner lah...... saya salut sama penjualnya karena pelayanan cepat dan tepat waktu.... Thanks to TokoQQ at Jakarta paketnya rapih, harga jauh lebih murah dari toko - toko di daerah Semarang.

Nah alasan saya beli ini drone adalah pengen move on dari drone yang sebelumnya UDI R/C U818A, meskipun begitu, saya tetap memainkan keduanya secara bergantian. Nah sekarang kita bahas tentang fitur Syma X5SW.

Berikut gambar ilustrasi nya....


Ini isi paket nya, meskipun tidak dengan foto sebenarnya namun itulah yang memang saya dapatkan.


Bracket HP nya bikin nyesel, warna remote nya hitam bracket HP nya putih gag mbois tenan....
But, after all no problem, karena semua kondisi memuaskan begitu testing juga udah merasa mantep.....

Syma X5SW adalah drone kelas menengah, walaupun kelas menengah drone ini lumayan besar di kelasnya dengan wingspan 31,5cm dan berat tanpa kamera yang lumayan ringan yaitu 107gram, dan syma mampu mengangkat berat camera dengan berat maksimal 100gram, sebenarnya 196gram tapi takutnya kalo saya tuliskan 196 gram nanti diberi beban segitu malah gak kuat terbang cek nyatanya di link berikut tes maksimum weight syma x5c meskipun begitu saya belum menemukan video Syma X5SW bisa terbang tinggi membawa action cam, mungkin karena braket action cam ditambah berat action cam jadi menambah berat beban terbangnya.

Syma X5SW mempunyai kamera dan bracketnya yang udah FPV (First Person View) atau live kita bisa lihat langsung dari HP kita lewat wifi yang disediakan oleh kamera ini. keunggulan ini lah yang membedakan dari versi sebelumnya, yaitu Syma X5C maupun drone saya UDI R/C U818A. sayangnya hasil kameranya tidak memuaskan karena fitur kamera FPV hanya menggunakan 2MP di sinilah kelemahan drone ini dibanding dengan UDI R/C U818A saya yang sudah 5MP dan sudah HD. Tapi saya tidak menyesalinya, karena saya tahu dengan harga hampir sama dengan UDI R/C U818A saya dan fitur FPV nya maka gak mungkin saya mengharapkan lebih dari drone ini. Ada juga kelemahan FPV nya yaitu jika jarak semakin jauh maka hasil rekaman akan putus - putus. Namun di balik kelemahan itu ada kelebihan lain yaitu jarak radius remote dan Drone ini berkisar antara 50-80 meter, lebih jauh daripada UDI R/C U818A saya yang hanya 30 meter. So, saya bersyukur akan hadirnya drone ini, kelemahan lain adalah, kamera FPV yang tidak bisa diarahkan ke bawah, wah kamera nya banyak kelemahan, memang saya akui itu, namun jika kita kreatif maka kita bisa setting menjadi sesuai keinginan kita.

Syma X5SW juga mempunyai fitur Gyro yang artinya dapat terbang dengan keadaan stabil, namun untuk out door dia harus diterbangkan di hari yang cerah dan angin relatif kecil atau tanpa angin. Menurut saya Syma X5SW ini lebih tenang daripada UDI R/C U818A saya, itulah yang membuat saya naksir drone ini. Syma X5SW mempunyai fitur Headless, yaitu memudahkan kita untuk megatur arah terbangnya sesuai arah di remote tanpa salah persepsi arah, namun untuk menyalakan fitur ini kita harus menyalakan fitur di saat dia di awal dinyalakan, dan headless mode hanya untuk seorang yang sudah mahir menggunakan drone nya, saya sendiri belum berani menggunakan fitur ini, karena saya sendiri baru menggunakan drone ini jadi jam terbang saya masih jam terbang UDI R/C U818A. Ibarat seorang supir yang punya SIM hanya untuk menggunakan pesawat Cessna kini dituntut mengemudi pesawat Boeing 737.
Wah masnya ngaco.....

Next adalah lamanya kita bisa mengemudi/waktu terbang Drone Syma X5SW dengan batre standard nya yang hanya 500Mah sama dengan UDI R/C U818A atau kebanyakan drone yaitu hanya sekitar 7-10 menit, jika ingin terbang lebih lama kita bisa upgrade batre menggunakan yang terbesar milik Syma X5SW yaitu 1200Mah. Mungkin bisa 2 kali lebih lama, di online shop banyak yang jual dengan harga per paket, 1 paket biasanya berisi 4 batre 1200Mah + Charger 4 Plug jadi bisa di cas bersamaan.Saya lagi ngincar juga ini batre biar bisa main lama dan bisa langsung ganti batre begitu hampir habis.... Berikut contoh isi paketan batre nya khusus buat X5SW dan X5C mantap nih....

Nih isi Paket nya

Syma X5SW mempunyai 2 Mode terbang mode 1 untuk beginner dan mode 2 untuk pro, bedanya adalah kecepatan throttle naik turunnya. dan ada mode kecepatan H dan L iatu maju mundur serong dan berputar cepat atau lambat. belum saya coba semuanya, karena belum berani pake H mode dan mode 2, saran saya untuk beginner atau baru beli mending pake setelan pabrik dulu yaitu L dan mode 1.

Fitur Lain dari Drone ini adalah, jika kita ingin mengkalibrasi ulang drone kita bisa dengan cara menghidupkan drone dan remote dalam kondisi paired, lalu analog kiri dan kanan diarahkan serong kanan bawah, maka Syma X5SW anda kembali ke settingan pabrik. Besok Minggu akan saya Testing terbang dan FPV nya untuk diupload di postingan berikutnya.

Jika ada kekurangan penulisan atau ingin bertanya tentang drone ini maupun UDI R/C U818A ataupun RC lainnya atau ingin bertanya tentang aquarium air tawar air laut maupun aquascape juga bisa dan boleh komen di bawah atau hubungi Annas Akbar : 089668295195 fast respons.

No comments:

Post a Comment