Tuesday 7 October 2014

AERO MODELING

RC yang sering disebut aero modeling adalah rc yang dapat mengudara, contok RC ini adalah jenis pesawat, helicopter, Quadcopter. Sebelum kita membeli rc aero modeling kita harus mengerti bentuk dan jenis nya, bentuk pesawat biasanya dapat melesat cepat dan sering digunakan untuk bermain jarak jauh.

Terdapat beberapa jenis pesawat yg sering digunakan, diantaranya adalah pesawat ringan atau pesawat yang berukuran kecil, biasanya dimainkan di tanah lapang pada saat tidak berangin. Adapula yang menggunakan sensor infrared, namun hanya dapat dimainkan di dalam ruangan yang luas. biasanya bahan nya terbuat dari sterofoam. Pesawat menengah type electric, biasanya dapat melesat dengan kecepatan tinggi dengan dorongan udara yang ditimbulkan dari hasil perputaran mesin dinamo. Pesawat jenis ini biasanya berbentuk pesawat tempur dengan skala tertentu. Pesawat komersil dengan bentuk yang lebih besar dan bentuk yang sama persis dengan pesawat asli seperti Boeing 737 , dsb, maka tidak menutup kemungkinan RC ini memiliki berat yang lebih dari rc berukuran sedang. untuk menerbangkan semua pesawat ini membutuhkan keahlian khusus, karena banyak tombol dalam remote yang di gunakan. Harga dari yang mini hingga ukuran besar pun bervariatif dari 150 ribuan hingga puluhan juta untuk ukuran yang terbesar.

Quadcopter, Quadcopter adalah sejenis helicopter dengan baling baling lebih dari 2 buah. karena bentuknya yang unik maka quadcopter adalah aeromodelling yang paling diminati di era ini. dengan adanya sepeda terbang seperti yang pernah ditampilkan di beberapa siaran berita, maka quadcopter juga memiliki fungsi yang hampir sama. terbang dengan 4 baling baling adalah quadcopter yang paling simpel. Dengan adanya mini camera dapat diaplikasikan sebagai bahan observasi atau hanya untuk iseng iseng saja.

Quadcopter mini biasanya berukuran sekitar 4 cm dengan bentuk serangga, sehingga bila kita mengaplikasikan minicam pada quadcopter ini kita dapat merekam dengan tidak mencolok. untuk saat ini ada quadcopter yang electric dengan jangkauan lebih dari 100 meter dengan ukuran yang cukup besar. biasanya jenis ini digunakan untuk observasi binatang yang bersarang di atas pohon, seperti burung, tupai dsb. untuk harga belum pernah nyoba jadi belum tau, mungkin kisaran 400 an hingga 2 juta untuk yang besar.

Helicopter, RC helicopter sering dimainkan, adapula beberapa jenisnya, menurut bahan bakar ada electric dan mesin, yang electrik pun terdapat banyak jenis nya ada yang mini yang dimainkan di dalam rumah dengan berat tidak lebih dari 100 gram, namun kelemahannya adalah cepat habis pada baterai, sehingga waktu bermain tidak mengasyikkan, ada yang hampir sama dengan keunggulan dapat menembakkan peluru misile yang ada di bagian tertentu, ada pula yang ukuran besar dengan menggunakan bahan bakar baterai lipo dan dapat bermain lama, di Kota Semarang Helicopter electrick ini yang menggunakan baterai lipo terdapat di toko mainan, ada pula di departement store. dengan jarak jangkauan yang lebih dari 100 meter maka helicopter ini tergolong helicopter yang cukup mahal, namun demi hobby apa sih yang enggak??? biasanya harganya kisaran 750-1 jutaan dengan keunggulan main di lapangan terbuka dan sudah gyro stabilizer. Nah untuk helicopter mesin dengan kekuatan bahan bakar nitro seperti mobil RC nitro, namun kelebihannya adalah efektifitas bermain tidak menurun hingga tetes terakhir bahan bakar. Harganya mulai 2 juta hingga 5 juta untuk kelas profesional.

sekian, mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam menulis, saya hanya mengambil dari referensi yang sudah ada. mohon beri masukan karena saya juga newbie. salam remot.

No comments:

Post a Comment