Thursday 9 October 2014

jenis RC dan Perbedaan RC 2WD DENGAN 4WD

Dalam dunia RC Car atau sering disebut mobil RC terdapat banyak perbedaan pada setiap mobil dengan berbagai merk, diantaranya adalah ban yang digunakan ( offroad / adventure, on road, drift ) dan jenis penggeraknya ( 2WD dan 4WD ). untuk kali ini penulis akan mengulas beberapa perbedaan, kelebihan dan kelemahan RC jenis 2WD dengan 4WD.

Pada RC 2WD :

RC jenis ini adalah rc dengan mesin utama tunggal adalah rear dinamo, dan hanya 2 ban belakang/depan saja yang bekerja sebagai penggerak mobil, saya katakan demikian karena saya memang belum pernah menemui rc dengan dinamo tunggal dengan dinamo berada di depan, jadi mohon maaf jika ada kesalahan menulis. Kelebihan RC 2WD adalah tarikan yang enteng jika menggunakan dinamo yang sama, saya katakan demikian karena saya mencoba 2 jenis rc berbeda ( 2wd dan 4wd ) dengan menggunakan dinamo yang sama. Selain tarikan yang enteng dibanding RC 4WD penggunaan baterai pun juga lebih awet. Karena RC jenis ini ( 2WD ) lebih ringan dibanding dengan RC 4WD. Walaupun begitu masih terdapat beberapa kekurangan.

Kelemahan RC 2WD :

Karena RC ini jenis Toys maka torsi dinamo tidak begitu kuat. Dengan torsi dinamo yang kurang memadahi menyebabkan RC 2WD ini menjadi sulit untuk melakukan drifting. karena untuk melakukan drifting memang dianjurkan untuk menggunakan 4WD semua ban sebagai penggerak. Selain itu Ban yang digunakan pun haruslah ban drift, namun untuk RC 2WD ini biasanya dalam paket tidak disertai ban drift. sehingga RC ini digunakan pada on road saja.



Pada RC 4WD 2 dinamo penggerak :

RC jenis ini memanglah sangat banyak tersebar di pasaran, untuk para penggemar drift dianjurkan latihan dengan rc ini. walaupun Toys namun bagi para remaja harga murah tidak masalah asalkan hoby bermain drift tersalurkan, mobil pelan tak masalah yang penting bisa oprek sendiri. Saya sendiri sudah mengoprek 3 RC QD saya hanya untuk menjadikan 1 RC toys yang berkualitas hobby. sorry bro kalo curhat, namun demi hoby gak masalah kan kalo share ke pembaca untuk menularkan ilmu. RC memang membuat kita ketagihan sob. lanjutkan ke pembicaraan sebelumnya yak...  Untuk dapat melakukan drift memang RC 4WD sangat mudah. Dengan Dinamo utama tunggal rear dan dinamo sekunder tunggal front menjadi kelebihan tersendiri bagi pengguna rc ini karena berat bagian depan hampir sama dengan berat bagian belakang menyebabkan penguncian / pelambatan pada ban depan sehingga dapat drifting dengan teknik yang kata drifter sendiri sulit untuk dilakukan atau sering disebut ilmu dewa drift pada drifting car asli.

Kelemahan RC 4WD 2 dinamo penggerak :

RC ini lebih berat dibanding dengan RC 2WD maupun 4WD dengan gardan, karena beban belakang dengan beban depan hampir sama disebabkan oleh dinamo sekunder. sehingga tidak dapat melesat lebih cepat dari RC 2WD. Baterai yang cepat habis karena power di suplai kepada 2 dinamo penggerak dan 1 dinamo kemudi.




Pada RC 4WD dengan Gardan :

RC ini adalah RC unggulan dari produk china atau sering disebut RC sanzuan. Pada RC ini kita mendapatkan keunggulan dapat melesat sama dengan RC 2WD dan cukup mampu untuk melakukan Drifting seperti sohib nya yaitu RC 4WD 2 dinamo penggerak. Ban depan dapat berputar dengan jumlah rotasi yang sama dengan ban belakang. Kekurangannya adalah pada tipe ini sering didapatkan patah pada gigi gardan dikarenakan benturan yang cukup keras yang akan menyulitkan pengguna dalam mengganti gardan, karena gardan RC QD sangat langka diperjual belikan.

Sekian dari saya, bila ada kesalahan dalam pengartian mohon dikoreksi, bagi para hoby rc tidak harus mahal untuk mendapatkan performa terbaik, namun keterampilanlah yang dapat membuat kita lebih maju dalam hobby ini. Salam Remot.


No comments:

Post a Comment