Sunday 5 October 2014

MEMILIH MOBIL RC

Dalam dunia hobby RC bagi pemula sangat dianjurkan untuk memilih rc yang diperuntukkan bagi pemula, adalag tipe Quick Drive atau sering disebut QD, RC jenis ini memang tidaklah secepat RC engine atau electric hal ini disebabkan karena harga yang terjangkau, tau sendiri orang kita memang tidak bisa jauh dari kata murah, untuk mendapatkan RC jenis ini tidaklah sulit, karena di hampir semua toko mainan menjual nya dalam sebuah paket yang harganya disesuaikan berdasarkan ukuran, merk dan kualitas bahan. Untuk RC car dapat dibeli dengan beberapa ukuran mulai dari ukuran 1 : 24 biasanya dibanderol harga 50 ribu hingga 100 ribuan, untuk ukuran 1 : 10  dimulai dengan harga 250 ribuan hingga 500 ribuan, dan untuk rc offroad dapat dibeli dengan harga 250 ribu hingga 500 ribu tergantung merk dan jenis nya.
Sedangkan untuk RC car kelas electric dapat dibeli dengan harga diatas 1 juta, dan untuk rc engine nitrogen dapat dibeli dengan harga 4 juta keatas.

Meskipun RC QD CAR murah namun untuk power dapat diperbesar dengan cara mengganti dinamo. RC QD CAR juga dapat dibedakan dengan double speed dan single speed, untuk double speed biasanya RC jenis ini digunakan untuk tipe RC drifting. Hal ini dikarenakan untuk dapat melakukan drifting membutuhkan putaran roda yang lebih cepat hal ini diharapkan agar ban drift belakang dapat selip dan ban depan pun mengontrol laju arah mobil rc kita. Dengan begitu maka teknik drift pun dapat dipelajari dengan mudah.
RC QD CAR juga dibedakan dengan beberapa macam, dengan 2WD (two wheel drive) dan 4WD (four wheel drive) 2WD adalah istilah dari bermesin 1 dan hanya 2 ban yang bergerak entah itu ban depan maupun ban belakang. 4WD adalah istilah dari bermesin 1 atau lebih dan seluruh ban dapat berputar sesuai putaran rotasi mesin.

Dalam dunia RC dengan teknik drifting memang membutuhkan tenaga yang ekstra sehingga rc jenis 4WD direkomendasikan untuk para hobis drift. Untuk 4WD RC QD dengan tipe rc 2 mesin utama maka kedua mesin berputar bersamaan namun, mesin bagian depan didominasi dengan putaran yang tidak lebih kencang dibanding yang belakang, hal ini disebabkan karena untuk teknik drift roda depan tidak boleh berputar lebih kencang dari roda belakang biasanya bermerk NQD. namun untuk tipe 1 mesin 4WD biasanya didapatkan sebuah AS gardan (biasanya tipe sanzuan / merk cina, drift king, drift x, dll) yang menghubungkan roda depan dan roda belakang sehingga putaran roda depan dan belakang sama.

Walaupun RC QD hanya dapat beroperasi 10 menit namun anda dapat mensiasati dengan datang ke reparasi elektronik dan meminta untuk dibuatkan double power atau double baterai, dari namanya saja sudah ketahuan bahwa baterainya ada dua dengan begitu maka didapatkanlah waktu bermain yang lebih lama sekitar 20 menit, meskipun begitu double baterai memiliki kelemahan yaitu menambah berat mobil rc kita, meskipun begitu double baterai dapat menambah keindahan dalam teknik drifting. Kita dapat meletakkan baterai ke 2 di dalam body mobil namun di bagian depan, hal ini diutamakan untuk menambah kuncian ban depan agar laju ban depan lebih lambat dari ban belakang, hal ini terjadi pada rc 4WD dengan 2 mesin.

Saran penulis adalah jika kita membeli rc NQD atau sanzuan maka tidak ada salahnya kita membeli baterai tambahan untuk double baterai maupun untuk baterai cadangan. tidak ada salahnya juga jika ada dana untuk membeli baterai lipo, baterai lipo adalah baterai yang dikhususkan untuk rc electric, kelebihan baterai ini adalah lebih lama dalam bermain harganya sekitar 200 ribuan, hanya membeli dan mengganti soketnya saja anda sudah bisa bermain lama, namun untuk NQD maka double speednya akan berubah menjadi 1 speed top, jadi dengan kekuatan kecepatan yang tetap paling cepat dan tetap bisa melakukan drifting.

Gambar pertama dan ke 3 adalah type sanzuan yang ke 2 adalah merk NQD






http://annasakbar.millionBiz.cpa.clicksure.com

klik alamat di atas untuk melihat produk2 terbaru

No comments:

Post a Comment