Tuesday 7 October 2014

Teknik Drifting

Drifting adalah teknik menyetir mobil dengan cara meluncur dalam posisi miring dengan mempertunjukkan keindahan luncuran tersebutlah disebut drifting. Di forum ini maka saya membahas tentang mobil RC yang melesat berdrifting ria dan memperlihatkan kecepatan driftnya serta keindahan mobil RC nya dinilai dari segi lama nya dia berdrifting, jarak yang ditempuh saat drifting dan keindahan saat drifting. Pada awalnya pengertian RC Car adalah miniatur mobil asli dengan detail yang cukup sesuai serta dapat dijalankan dengan menggunakan tenaga baterai maupun bahan bakar nitro. Untuk melakukan teknik Drifting pada Mobil asli menggunakan ban yang memumpuni, biasanya 2WD, atau FR (mesin depan dengan 2 ban belakang yang berputar), pada mobil asli dapat melakukan dengan teknik hand brake dan lepas untuk memindahkan berat pada mobil bagian belakang ke arah depan.

Pada RC Drifting maka menggunakan tipe 4wd, baik itu menggunakan gardan, 2 dinamo, maupun fan belt. Untuk dapat melakukan drifting awal maka langkah awal yang paling mudah adalah dengan membentuk lingkaran. teknik yang digunakan sama dengan mobil asli namun berhubung tidak ada rem maka kita gunaka teknik gas dan lepas. Karena untuk type RC QD kita memindahkan berat dengan cara mengegas dan melepaskannya maka saat kita melepaskan tersebut kita dapat membelokkan ke arah tikunganm, dan kemudian mengegas lagi untuk dapatkan torsi yang bisa menyelipkan ban belakang dan stabil, setelah ban depan mulai berbelok maka kita harus membanting stir ke arah berlawanan, hal ini diharuskan karena jika kita masih membelokkan ke arah tikungan mobil akan selip dan berputar, "Bukannya drifting malah sinting tuh mobil" hehehe.....

Untuk Drifting awal pada QD type Sanzuan kita akan sangat mudah mengoperasikannya dibanding NQD, karena torsi kedua ban depan dengan kedua ban belakang stabil, namun untuk merk NQD juga tidak terlalu sulit untuk melakukan drifting ini. Dengan torsi belok yang double speed dapat memudahkan kita dalam drifting.

Banyak orang bertanya perbedaan drifting dgn slalom, ya jelas beda lah, kalau drifting itu teknik menyetir mobil dengan cara meluncur dalam posisi miring dengan mempertunjukkan keindahan luncuran di dalam sirkuit, sedangkan slalom adalah teknik membelokkan mobil dengan cepat melewati rintangan yang harus dilakukan bolak balik dengan cepat. jadi bedanya terletak di cara mainnya slalom tidak pake rem dan drift pake rem, dan slalom juga melewati rintangan bolak balik sedangkan drifting mengikuti alur sirkuit. di sini udah jelas kan? Jadi jangan ditanyakan lagi bedanya Drifting dgn Slalom.

mohon maaf jika penulis ada kesalahan dalam menulis artikel ini, dan terima kasih atas kunjungan anda. Salam Remot.

No comments:

Post a Comment